Fair share, monitoring artikel copy paste

Pencurian artikel telah menjadi salah satu masalah terbesar dalam dunia publishing, termasuk juga dunia blogging. Para pencuri konten tersebut mendapatkan keuntungan untuk dirinya pribadi dengan mempublish artikel orang lain di websitenya tanpa ijin atau pemberitahuan, kemudian mendapatkan uang dari pengunjung yang datang dan melihat/mengeklik iklan yang mereka pasang.

Hal seperti ini bahkan bisa dipermudah dengan memanfaatkan fitur feed. Beberapa blog (termasuk blog ini) mempublish artikelnya di feed dengan full text. Tukang copas (copy-paste) tersebut secara otomatis mempublish ke websitenya isi feed blog yang full text. Bahkan kalau menggunakan blog wordpress bisa dipermudah dengan hanya menginstall plugin WP .. (pokoknya awalannya WP, saya lupa namanya) dan jadilah sebuah blog yang biasa disebut autoblog.

Sebelumnya ada webtool yang namanya CopyScape untuk mendeteksi tulisan kita yang di copy-paste. Sekarang ada satu lagi webtool yang bisa digunakan, yaitu FairShare.

FairShare bekerja dengan mendeteksi Artikel yang di copy-paste berdasarkan feed. Jadi kalau ada autoblog yang secara otomatis mempublish artikel kalian dari feed, maka FairShare akan segera mengeceknya.

Cukup tentukan sebuah URL feed, kemudian bot-nya Fair Share akan mengecek berbagai website yang mungkin mempublish artikel dari URL feed yang sudah ditentukan tadi.

Saya belum sempet mencobanya, tapi bagi pemilik blog yang isi tulisannya sering di republish, sepertinya patut untuk dicoba layanan web yang satu ini.

7 thoughts on “Fair share, monitoring artikel copy paste

  1. Iya nih bikin jengkel aja klo di CoPas
    apalagi klo itu buah pikiran original kita sendiri
    klo saya mau copas biasanya minta ijin dulu sama pemiliknya
    dapat ijin baru saya posting dan linkback

    thanks for info tentang fairshare ya

  2. sudah terlalu cape ngeliat tulis saya yang dibajak. bahkan pernah ikutan seminar… eh yg nongol gambar yang saya posting (nama url-nya diilangin). parah juga nih…

  3. pernah baca juga ni salah satu trik tuk mencegah penurian artikel sampe akhirnya artikel curian berperingkat lebih baek SERP-nya adalah dgn menggunakan layanan feedflare, detailnya ada di bloggerbuster.

    kalo soal content stealing, skrg ane lg sering2nya baca blognya jonathan bailey, plagiarism today, walo berat bener bahasanya, tp lumayan dapet ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>