Membuat password yang aman

Password itu adalah lapisan kedua (dan yang terakhir) dari keamanan setelah Username. Maka dari itu jagalah baik-baik password Anda. Tapi dijaman sekarang, pembobolan password masih saja banyak terjadi. Yang menjadi alasannya adalah karena pengguna tidak menggunakan password yang aman.

Bagaimana sebenarnya password yang aman? Standart minimalnya mungkin adalah minimal 6 karakter, terdiri dari minimal huruf dan angka (alphabet numeric). Tapi dengan password yang seperti itu ternyata masih banyak juga terjadi kasus pembobolan password.

Banyak orang yang menggunakan 1 password untuk semua account. Bahayanya sudah bisa dibayangkan, kalau saja ketahuan password kita di satu account maka … Worried

Password yang aman biasanya terdiri dari karakter-karakter aneh yang mungkin sulit untuk kita ingat. Punya banyak account di beberapa website dengan password yang berbeda-beda di tiap websitenya pasti merepotkan kalau dihafal passwordnya satu per satu. Maka dari itu, buat saja pola password di tiap website

Pola password? Dulu sewaktu SMA saya join di banyak website, tiap website punya password yang berbeda. Tapi saya tidak lupa password di masing-masing website walaupun hampir ada 15-an website yang saya ikuti. Itu karena saya membuat pola password. Polanya adalah … password diawali dengan http:// kemudian diikuti nama domain dari website tempat login Big Grin. Jadi misalnya saya login di yahoo.com, passwordnya ya http://www.yahoo.com. Selain dari lebih dari 6 karakter, juga terdiri dari alphabet dan karakter aneh lainnya. Tapi itu dulu waktu masih SMA, sekarang sih sudah beda. Beberapa cara lain untuk membuat password yang aman :

Menggunakan angka menggantikan huruf. Misalnya password ‘inirahasia’ bisa diganti dengan 141r4h451a Happy. Dulu waktu SMA saya pakai cara ini juga.

Menggunakan karakter yang tidak ada di keyboard. Misalnya saja menggunakan karakter ™ (Trademart) atau karakter £(euro).

Ada ide lain?

Ada yang dilupa oleh beberapa pemilik website. Password adalah lapisan kedua dan terakhir setelah username. Ya, username adalah lapisan pertama. Username itu ibarat kartu ATM, sedangkan password itu ibarat nomor PIN. Jadi sebenarnya tidak baik kalau sebuah website menampilkan username membernya. Misalnya aja http://delicious.com/mypermana. Dari URL tersebut akan ketahuan kalau username saya mypermana. Tapi karena isinya hanya daftar bookmark, kalaupun berhasil dibobol juga tidak apa-apa Happy.

8 thoughts on “Membuat password yang aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>