Pekerjaan yang tidak lagi perlu skill

Tulisan kali ini cuma sekedar intermezo saja. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, pekerjaan yang dulunya harus dilakukan manual kini bisa dilakukan secara otomatis. Kehidupan manusia benar-benar terbantu dengan adanya teknologi informasi. Ada beberapa pekerjaan yang dulu harus dilakukan oleh orang yang memiliki skill, kini bisa dilakukan oleh semua orang.

1. Photographer

Beli kamera yang berharga puluhan juta dan dalam sekejap Anda telah menjadi protographer dengan hasil jepretan professional. Tidak perlu lagi perlu untuk belajar apa itu Exposure value, apa itu Metering, dan lain sebagainya. Dipelajari pun rasanya tidak ada gunanya ketika Anda telah mempunyai kamera yang super canggih dengan mega-piksel yang sampai puluhan dan ketajaman lensa kamera yang luar biasa.

Teknologi kamera digital sekarang memang sangat memudahkan siapa saja untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus.

2. Web developer

Download aplikasi Content Manajemen System yang gratisan, download template gratisannya, dan upload di webhosting gratisan, gunakan domain name gratisan, dan voila .. jadilah Anda seorang web developer. No HTML skill required. Yang diperlukan hanyalah internet yang digunakan untuk men-download file-file gratisan yang diperlukan.

Banyaknya bermunculan aplikasi CMS gratisan memang sangat memudahkan orang dalam membuat website. Dan yang saya ceritakan daitas bukan sekedar cerita saja, memang benar terjadi hal seperti itu.

3. Jurnalis

Bikin blog dan posting berita kejadian terbaru maka jadilah Anda seorang jurnalis. Tentunya harus dibumbui sedikit beritanya, kalau tidak maka berita tidak akan laku.

Mungkin masih banyak lagi pekerjaan yang dulunya perlu skill untuk mendapatkan hasil maksimal tetapi kini tidak lagi perlu.

137 thoughts on “Pekerjaan yang tidak lagi perlu skill

  1. kalau nulis atau ngomong cie gampang gan,coba agan berada di posisi job kaya mereka ?
    inget jngan suka meremehkan keahlian orang lain,soal’a orang yang diremehkan sering kali jauh lebih baik dari kita

    • Iya, saya ada di posisi job web developer. Melihat orang yg ngecharge hanya untuk install2x gratisan rasanya kurang sreg saja. Mungkin begitu jga dgn org di bidang photografer yang banyak hanya dengan modal kamera saja, begitu jg dgn yg di jurnalis melihat para jurnalis baru yang membuat berita kebanyakan bumbu

    • yang satu ini saya setuju banget. keterampilan yang pualing ga ada skillnya adalah copy paste. tinggal diblok klik kanan trus paste, udah langsung jalan.

  2. @web developer
    saya rasa masih banyak peluang kok di web developer…
    kan setiap perusahaan itu punya sistem kerja sendiri2 dan saya rasa dari cms garisan yang ada tidak semuanya bisa menjawab apa yang di butuhkan dari perusahaan..
    jadi mau ngak mau harus bikin sendiri, dan untuk bikin sendiri tentunya butuh skill juga to…

  3. Kalau menurut saya, semua perlu belajar sih. Kalau hanya secara dasarnya saja memang bisa dilihat dengan mudah oleh orang awam, tetapi untuk memperoleh yang bagus, diperlukan keahlian yang betul-betul dipelajari.

    Salam,
    Parfum

  4. bukan sok pintar atau menggurui
    tapi terus terang saya hanya setuju sedikit dengan pendapat anda.
    menurut saya walaupun teknologi sudah semakin canggih,tetap saja perlu skill dari sdm nya untuk bentuk pekerjaan apapun.
    contoh untuk web design,oke skrg kita bisa pakai aplikasi apapun.tapi yang namanya web developer yang professional seharusnya punya kemampuan untuk mendesign suatu web menjadi sangat attraktif,menarik untuk dilihat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>