Sebenernya sih kurang sreg nyoba download torrent karena masalah virus. Tapi karena sudah dilindungi AVG 8 yang selalu up-to-date, akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba download file torrent. Kenapa kok ngebet banget pengen donload file .torrent ?

Ini karena saya heran kenapa banyak sekali file-file bagus, menarik, dan terbaru tersebar luas di dunia peer-2-peer. Apalagi begitu lihat banyak sekali ebook-ebook terbaru dan menarik nan berkualitas di situs-situs penyedia torrent. Akhirnya, berdasarkan rekomendasi beberapa teman saya menggunakan software utorrent untuk download file .torrent.

Berdasarkan keterangan di situs utorrent software ini sangat mungil, ringan pula. Dan memang saya coba softwarenya memang ringan. Akhirnya mulai deh petualangan mendownload file .torrent. File pertama adalah ebook dari sitepoint tentang CSS reference. Karena lumayan besar filenya, akhirnya saya tinggal tidur siang dan mandi sore. Tidak lupa saya set bandwidth ke titik terendah agar tidak menyebabkan koneksi internet komputer lain lambat. Kalau lambat, nanti teman-teman saya marah, apalagi yang maen game online Big Grin . Selesai mandi saya buka utorrent dan ternyata file sudah berhasil terdownload. Segera saya buka file ebook tersebut trus baca-baca bentar.

Waw, benar-benar memuaskan. Akhirnya saya browsing file-file ebook yang lainnya dan ternyata. Wahh, banyak sekali ebook bagus-bagus. Hore … akhirnya saya lihat yang seed-nnya paling banyak dan itu yg saya download.

Dari pengalaman saya menggunakan torrent ini. Ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui :

  • Selalu lihat tipe file yang akan didownload. Kalau tipe file kompresi (.zip, .rar, dll) sebaiknya hati-hati aja karena filnya bakal diprotect dengan password. Untuk ngedapetin passwordnya kita harus melakukan sesuatu. Tergantung yang upload filenya.
  • Untuk mengatasi masalah di poin pertama tadi. Sebaiknya download file yang gak ada file kompresinya. Misalnya mau download file film, mending download langsung .avi-nya atau .mpeg-nya. Kalau ebook, cari yg langsung .pdf.
  • Selalu SCAN DENGAN ANTIVIRUS file hasil download. Karena bisa saja file hasil download ada virusnya. Walaupun belum pernah sampe dapet virus, tapi saya selalu scan dulu dengan antivirus.

Beberapa sumber yang bisa dilihat kalau mengalami masalah :