Permana Jayanta

Web Developer

Cuil – Search engine baru

cuil_com Search engine alias mesin pencari memang tidak hanya Google saja. Masih banyak search engine yang lain yang tidak kita ketahui. Tapi tetap saja Google menjadi pilihan nomor utama.

Dari sekian banyak search engine yang ada, kini muncul lagi search engine baru yang bernama Cuil. Aneh mendengar nama Cuil ? Sama, saya juga. Kata Cuil merupakan kata dari bahasa orang Irlandia yang artinya pengetahuan. Sedikit quote dari websitenya cuil.com : "For knowledge, ask cuil".

Search engine yang satu ini agak sedikit menarik perhatian.  Selain dari desainnya yang berwarna hitam, -abu-abu, dan biru. Search engine ini mengatakan bahwa dapat melakukan pencarian lebih cepat  daripada Google. Nah lho Surprise. Btw, cuil memiliki tampilan yang jauh lebih menarik daripada Google.

Setiap kali melakukan pencarian dengan Cuil, hasil pencarian bisa ditampilkan semuanya ataupun per kategori. Selain itu, Cuil menampilkan hasil pencarian dengan menampilkannya per kolom. Seperti halnya dengan membaca koran, teks yang tampil tidak terlalu melebar. Dan memang sih untuk menghasilkan tampilan yang bagus seperti itu cuil termasuk cepat.

Cuil memiliki interface yang sangat menarik (menurut saya). Tampilan kategori ditampilkan dengan accordion panel. Membuat saya sibuk meng-hover berulang kali untuk melihat efek accordion panelnya yang bagus Tongue, Tab untuk setiap kategori dari hasil pencarian, mampu mengganti tampilan menjadi 2 kolom ataupun 3 kolom, dan bantuan kata kunci saat mengetikkan keyword.

Begitu saya ketikkan keyword pertama, eh bukan blog ini yang muncul di halaman pertama. Malahan profile saya yang di MyBlogLog yang muncul di urutan pertama. Mungkin si Twiceler (nama Robot Web Crawler-nya si Cuil) nggak ngerti bahasa Indonesia jadinya nggak bisa nemu blog ini Big Grin. Ntar saya minta ah supaya blog ini di-crawl oleh Twicelernya Cuil via email.

Yang membuat saya penasaran ya tampilannya. Keren. Iseng-iseng klik kanan > View Page Source buat tahu seperti apa sih dalemannya mesin pencari ini. Ternyata kode HTMLnya lebih mudah dibaca daripada Google. Jauh lebih teratur. Tapi karena mulai ngantuk, akhirnya kututup halaman Sourcenya supaya tidak jadi tambah ngantuk Big Grin. Paling  tidak sudah tau sedikit kalau (sepertinya) Cuil pake Mootools untuk urusan efek dan tampilannya. Hmm, ternyata Mootools bagus juga ya, mulai belajar Mootools ah.

Btw, sepertinya sih saya belum mau mengganti default search engine saya ke Cuil. Nunggu tanggapan dari orang-orang aja deh. Daripada asyik searching di Cuil, lebih baik saya searching di Scour aja. Dimana setiap kita melakukan search dan comment akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan duit Big Grin.

10 Comments

  1. weh ada Scour jga ya..? susah gak dapatin pointnya..?

  2. Permana Jayanta

    July 31, 2008 at 9:04 am

    Ga kok gak terlalu susah …

  3. wah per… tau cuil dari jawapos ya? Hehehe…
    iya, pake scour aja. Lumayan, sekaligus nyari referensi TA, juga dapet point

  4. Permana Jayanta

    July 31, 2008 at 6:38 pm

    Wah, aku gak langganan jawapos jadi gak pernah baca jawapos :P. Aku tau dari Google Alert bril …

  5. wah main rame aja dunia search engine….

  6. menurut gue sih cuil tuh lemot, karena nampilin gambar kali yah 😀

    kalo urusan speed, Google, Yahoo dan MSN masih jauh lebih yahud..

  7. nanmanya “CUIL” kayak bahasa jawa

  8. Permana Jayanta

    August 1, 2008 at 8:25 am

    Iseng2x ngetest search pake keyword permana lagi. Yang muncul kok malah nama pebulutangkis ya 😀

  9. coba baca di sini tentang cuil… :))

  10. katanya pencarian cuil sedikit mengecewakan
    coba aja cari dengan namamu sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2018 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑