Permana Jayanta

Web Developer

Pemanasan Global

Apakah belakangan ini kalian merasakan suhu udara yang lebih panas dari biasanya ? Terlebih lagi yang berdomisili di wilayah Jawa dan Bali, karena suhu udara Jawa dan Bali dikabarkan naik sekitar 3 derajat celcius (berdasarkan hasil ngobrol sama teman2x). Bahkan sempat dikabarkan suhu mencapai 36 (CMIIW) derajat celcius. Yang artinya sama dengan suhu tubuh kita. Wow.

Suhu panas yang seperti ini benar-benar membuat saya kepanasan. Bahkan kalau malam hari saya sampai harus telanjang (cuma mengenakan celana boxer) dikamar sendirian agar tidak merasa kepanasan (kamar saya gak pake AC, hanya kipas angin).

Sebenarnya apa biang keladinya ? Yup, betul sekali … pemanasan global. Pasti sudah banyak yang tahu tentang pemanasan global, baik sebab dan akibatnya. Bagi yang belum terlalu mengerti, saya coba jelaskan sedikit secara singkat :

Bumi kita ini memiliki lapisan sebagai selimut. Untuk apa selimut ini ? Selimut ini menjaga bumi agar sinar matahari tidak langsung menyentuh bumi. Kemudian, sinar matahari yang masuk ke bumi sebagian dipantulkan keluar bumi. Hal ini bagus karena bisa membuat suhu bumi menjadi hangat. Namun bagaimana jika sinar matahari yang sudah masuk ke bumi tidak bisa dipantulkan keluar bumi ? Sinar matahari tersebut akan tetap berada di Bumi. Kalau sinar matahari tetap berada dibumi, maka hasilnya adalah PANASSS.

Pertanyaannya adalah,

  • Kenapa ada sinar matahari yang tidak bisa dipantulkan keluar bumi ? jawab: karena selimut bumi menebal.
  • Kenapa selimut bumi menebal ? jawab: karena banyaknya gas-gas karbondioksida yang dihasilkan oleh pabrik2x dan kendaraan bermotor. Hal ini membuat kandungan selimut bumi menjadi aneh yang menyebabkan sinar matahari tidak bisa dipantulkan keluar oleh bumi.

Hal yang perlu diingat adalah kita berada pada jaman dimana kita merasakan efek dari pemanasan global (dan memperparah pemanasan global), bukan pada jaman dimana pemanasan global disebabkan. Jadi untuk menanggulangi pemanasan global sebenarnya sudah terlambat. Yang bisa dilakukan adalah memperlambat pemanasan global.

Pemanasan global dimulai ketika didunia ini mulai ada yang namanya asap-asap pabrik dan sejenisnya. Dimana kereta api dengan gagah mengeluarkan asap hitam ke angkasa. Dimana revolusi industri terjadi yang menyebabkan banyak sekali pabrik-pabrik penghasil asap kotor. Kapan itu ? yup, sudah beratus-ratus tahun yang dulu.

Jadi kita harus menyalahkan orang-orang jaman dulu dong ? yup, betul. Orang-orang jaman dulu terlalu bodoh untuk mengatasi masalah global warming. Padahal mereka mengerti kalau global warming akan terjadi, tapi mereka berfikir “ah itu kan urusan anak cucuku”.

Tapi sekarang kita hidup dijaman dimana teknologi berkembang pesat. Kita bukan lagi orang bodoh yang tidak tahu menghargai alam. Jika sekarang kita tidak berusaha menyelamatkan alam, maka anak cucu kita yang akan menyalahkan kita atas apa yang akan terjadi 50 tahun lagi. Apa yang terjadi 50 tahun lagi ? mungkin 50 tahun lagi dunia ini akan terendam oleh air. Jika kalian pernah menonton waterworld, maka itu adalah efek dari global warming. Dan 50 tahun bukan waktu yang lama, 50 tahun itu bagaikan esok hari. Jadi tidak ada lagi alasan “masih ada hari esok”.

Saat kalian membaca tulisan ini, es-es di kutub utara dan selatan sedang mencair. Dan begitu semua es di kutub tersebut mencair, maka dunia akan tenggelam oleh air. Selanjutnya ? air akan menguap, kemudian ? tidak ada lagi air. Hasilnya ? tanpa air itu artinya manusia tidak bisa hidup dan tidak ada lagi manusia.

Jika kalian masih don’t care tentang pemanasan global, cobalah tonton film seminar Al Gore tentang global warming yang berjudul Inconvenient Truth. Yup, kenyataan yang tidak mengenakkan.

Jadi, apa yang bisa langsung kita lakukan untuk menanggulangi pemanasan global ?

  • Bagi yang motornya mengeluarkan asap bagaikan mesin penyemprot demam berdarah … perbaiki motor Anda. Mungkin jaman dulu motor keluar asap itu keren, tapi sekarang … Anda akan dicap orang yang bodoh. Karena mengurus motor aja tidak bisa. Ingat, motor Anda adalah kaki Anda dijalan raya.
  • Bagi yang pakai mobil berbahan bakar solar, harap dirawat mobilnya. Beli mobil itu gampang, berapa ratus juta sih ? tapi merawatnya itu yang sulit.
  • Tanam tanaman/pohon. 1 tanaman 1 orang.

Fuh, talking-talking, capek juga ngetiknya. Saya dulu pernah berkunjung ke blog Go Green Indonesia. Disana saya pernah lihat video yang sangat bagus yang menjelaskan efek dari pemanasan global. Silahkan browsing juga di blog tersebut. Siapa tahu bisa membuka mata Anda tentang pemanasan global.

Btw, sori cuma teks doang dan gak ada gambar. Ini saya buat dan publish secepatnya agar orang-orang lebih cepat membacanya.

11 Comments

  1. bumi makin panas aja nich.. apalgi Jogja.. HOT

  2. Iya per, besok 45 derajat Celcius suhu surabaya. PANAAAASSS… Tidak!!! Jadi, enaknya ngapain yach kalau sudah begini??? Nanem pohon aja ya yang banyak di rumah.

  3. bukan cuma sumatra,kalimantan,bali,yang kepanasan tapi dari dulu orang irian juga dah kepanasan makanya baju adatnya super sexy (maaf hanya bercanda) =))

  4. Artinya… semakin tinggi karbondioksida… semakin tebal selimut bumi. Wah benar juga analisanya brur… Belum lagi kalo kita ngitung CO 2 yang dikluarin dari napas kita. Wah makin ngeri juga yach? Pemanasan global inipun udah mulai terasa di tempat saya yang alir2 ini makin menyakitkan. Yang biasanya kita mandi 1 hari sekali (gara2 dingin) kini mandi 3 kali sehari gara2 sangking panasnya. Padahal mata air makin susah lho. Yuk.. save our earth

  5. Bener banget ya, akhir2 ini panas banget. Parah nih suhu udaranya.

    ini sekedar info lomba nulis temanya ttg :

    “Membangun Kepedulian terhadap Kelestarian Hutan”

    http://lomba-nulis.blogspot.com/

  6. iya.. akhir2 ini saya merasa kepanasan…
    karena kamar kost saya pindah ke kamar yang berukuran lebih kecil… hiks…. 🙂

  7. Indosat blog contest ikutan yuk !!!

  8. Permana Jayanta

    October 22, 2008 at 9:36 am

    @malapu: iya, baru dapet kabar dari temen di jogja, jogja makin panes …
    @brillie: hehe, tul bril, tanem pohon yg banyak
    @theodora: hehehe, ada-ada aja
    @tukang sapu radio: aku baru nyadar kalau aku ngetik karbondioksida, maksudku itu gas karbon dan sejenisnya
    @buz: nice info , thanks
    @syamsu: hehe, kamar kost saya juga kecil
    @pranajayas: okeee 😀

  9. keadaan mkin mmprhatinkan. Pnas bgt, bneran… Hrus ada tndakan nyata nih slain campaign… 😉

  10. tapi ada hubungannya dengan event ABG ga ya?

  11. salam kenal bro…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑