Permana Jayanta

Web Developer

Browser Security Handbook dari Google

Setelah kemarin Google merilis ebook tentang Panduan SEO, sekarang Google merilis sebuah panduan tentang keamanan browser.  Tapi yang sekarang ini bukan dalam bentuk ebook, melainkan bisa dibaca langsung di Google Code. Jadi tidak perlu repot-repot download lagi.

Disini dibahas perbandingan fitur keamanan yang umum digunakan oleh browser-browser terkeneal seperti Internet Explorer (versi 6 dan 7), Mozilla Firefox (versi 2 dan 3), Safari, Opera, Chrome dan Browser yang di-embed di Android.

Browser Security Handbook sebenarnya lebih tepat untuk para pengembang aplikasi web, engineer browser, dan para peneliti keamanan. Isinya lumayan teknikal. Tapi masih pantas dibaca oleh orang awam karena sangat menambah informasi tentang keamanan web browser.

Dokumen ini dibagi menjadi 3 bab :

  1. Part 1: Basic concepts behind web browsers
  2. Part 2: Standard browser security features
  3. Part 3: Experimental and legacy security mechanisms

Paling tidak dengan adanya dokumen ini kita bisa diharapkan untuk lebih waspada sewaktu browsing halaman web. Memang browser yang dibuat oleh tiap pengembang pasti memikirkan fasilitas keamanan, tapi diharapkan jangan terlalu bergantung pada setting default browser karena kode-kode jahat yang ada pada halaman web biasanya akan mencoba menembus keamanan browser yang settingannya default (duh, ngomong apa aku ini :P)

Bagaimana kebiasaan Anda browsing ?

Bagi saya yang browser favoritnya adalah Firefox. Saya akan membuat 2 profile Firefox yang berbeda. 1 profile untuk umum, dan 1 lagi khusus untuk urusan transaksi penting (misalnya transaksi keuangan). Nah, shortcut firefox yang profile umum saya trauh di desktop, startmenu, dan di quicklaunch. Sedangkan untuk profile yang penting, saya akan mengetikkan sendiri dari menu Start->Run lagu mengetikkan browser firefox dengan parameter nama profile. Bingung urusan manage profile di firefox ? cek situs mozilla tentang Manage Profile di Firefox.

Yang kedua, kebiasaan saya, sebelum mengeklik sebuah link di halaman web, saya selalu lihat target URL melalui status bar. Apakah targetnya sesuai dengan tujuan. Misalnya ada link KlikBCA, saya pastikan dulu di statusbarnya adalah klikbca.com, bukan kikbca.com (atau sejenisnya). Memang sih bisa ketahuan setelah kita membuka linknya. Tapi kan bandwidth jadi abis (dulu saya browsing dengan batasan kuota bandwidth).

Trus apalagi ya, hmm .. oiya, saya pake antivirus yang ada fitur safe-browsing :), sekarang sih pakai AVG dan sejauh ini masih baik-baik aja.

Yuk, sekianlah tulisan di pagi hari ini. Saya nulisnya di pagi hari. Begitu bangun saya langsung nulis tentang ini karena tiba-tiba waktu ngelirik komputer ternyata ada update feed dari Google Online Security. Oiya, sumbernya ada disini. Dokuentasinya bisa dilihat disini.

17 Comments

  1. owh.. pantesan per, mungkin karena web browserku ga aman makanya pihak paypal sampe menginvestigasi aku sampe 2x :'(

  2. wuih, ini informasi bagus nich , makasih ya

  3. thanks infonya mas.. pake firefox dengan profile itu kayanya perlu juga ya terutama buat yang komputernya dipake rame2

  4. wew…useful banget nih. thx bro

  5. wew….. mantaps neh ulasannya…
    jadi pingin belajar lebih neh ttg keamanan web 🙂

  6. sangat bermanfaat bro.. 🙂

  7. wew… heheheh mesti penelitian lebih lanjut nih kayaknya.. 😀 ok thanks .. hehehe.. sorry lama ngga kesini.. sibuk”nya sekarng nih.. 😀

  8. Kayaknya Internet Explorer lebih lambat dan Firefox lebih boros memory

    salm kenal dari : http://myrazano.com

    ditunggu kunjungannya

    terimakasih

  9. makasih infonya ..
    memang harus belajar keamanan browser nih kayaknya

  10. mamtep banget kang, safety browsing info ini bener2 bermanfaat buat saya,

  11. saya juga pakai firefox

  12. kira2 kalo bener2 diikutin bisa berhasil gak yach ???

  13. Wah lama ga kemari, tulisan selalu menarik seperti biasa bos. Langsung menuju link2 diatas.

    Btw udah sembuh bos ?

  14. saya make google chrome…aman ga ya?? Tapi dari google kayanya sih aman x ya?? hihi…ga tau juga sih…

  15. wah…saya make google chrome…
    “saya selalu lihat target URL melalui status bar” saya juga gini mas…hehe…

  16. Mantapp,, jadi lebih berhati-hati lagi nie,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑