Permana Jayanta

Web Developer

Begini kalau saya YM-an

Di Indonesia, Yahoo Messenger memang aplikasi Internet Messenger (IM) yang terkenal. Hampir semua orang yang doyan chat pasti ada ID YM. Saya jadi ingin tahu gimana kebiasaan teman-teman semua kalau chat di YM, yah just for fun aja. Btw, kalau saya sih YM-an yang seperti berikut ini.

Tidak menampilkan kontak yang offline

Supaya tidak panjang-panjang kalau mau scroll, kontak yang offline tidak akan saya tampilkan. Caranya ya tekan saja CTRL+H.

Beberapa kontak ada yang statusnya invisible jadi terlihat offline. Memang sih bisa dilihat apakah kontak tersebut offline atau invisible, tapi kalau misalnya kontak tersebut invisible, mungkin dia tidak mau diajak chat, jadi ya tidak saya tampilkan. Kecuali kalau memang perlu banget dengan kontak tersebut, ya saya tinggalkan offline message saja.

Sayangnya, engga ada fitur untuk hide busy contact :), kan kalau kontak yang busy artinya tidak bisa diajak chat, jadi saya inginnya yang enggak ditampilkan.

Menampilkan nama kontak dengan Nickname

Beberapa kontak di YM ada yang tidak kelas, misalnya aja guebanget2009 (ID disamarkan Tongue), nah karena enggak jelas dia itu siapa, akhirnya saya setting di preferences untuk menampilkan Nickname daripada nama ID.

Menambahkan diri sendiri di kontak YM

Lho, buat apa? Saya ngelakuin ini hanya untuk preview kalau misalnya ubah status. Kadang sewaktu saya ubah status yang tampil masih status yang lama. Jadi untuk memastikan apakah status benar-benar sudah berubah, saya memasukkan diri sendiri ke kontak YM deh.

daftar kontak YM

Membuat group untuk kontak tertentu

Untuk lebih murah mengorganisir kontak YM, akan lebih mudah kalau kontak tersebut dikelompokkan menjadi beberapa group.

gambar YM group

Preferences

Tidak me-load otomatis YM saat Windows start-up. YM saya set supaya tidak di-load saat start-up Windows. Yah, sekedar untuk mengurangi waktu start-up Windows aja. Terus, Yahoo!Messenger Insider tidak saya aktifkan karena sangat menggangu.

Me-non-aktifkan IMvronment dan Audibles. Karena sekarang ngenet dengan batasan kuota, jadi IMvironment dan Audibles saya disable. Yah, itung-itung hemat badwidth. Jadi buat yang biasanya sering chat ama saya pakai IMvironment dan audibles, sekarang udah engga bisa lagi deh. Lagian engga terlalu penting juga :D, kecuali emoticon tetep diaktifkan.

Menggunakan Ignore list. Entah kenapa saya sering sekali belakangan ini nerima pesan spam seperti “click here to watch my nude webcam”. Akhirnya tanpa pikir panjang ya masuk ignore list.

Memanfaatkan fitur Archive. Beberapa chat mungkin ada yang penting untuk dibaca kembali, dan saya keseringan lupa untuk menyimpan hasil chat. Jadinya mulai sekarang ya saya aktifkan fitur untuk menyimpan semua pesan sewaktu chat.

YM archive preferences

Promosi dengan status

Blogger pasti pernah ngelakuin yang satu ini. Biasanya saya memasang link yang menuju ke alamat blog saya di status YM. Buat yang bingung pasang link di status YM (lumayan banyak yang nanyain), caranya adalah dengan mengetikkan langsung alamat yang dituju. Contohnya aja :

blogku https://www.permanaj.net atau boleh dibalik https://www.permanaj.net blogku.

Status YM

Conference

Kadang-kadang perlu chat yang dilakukan oleh banyak orang ya harus pakai fitur Conference. Biasanya conference yang berhubungan dengan project tapi sering juga conference asal kumpul-kumpul.

Mempersiapkan hidden emoticon

Yah, yang ini buat iseng-iseng aja. Ada beberapa kontak yang enggak tahu tentang hidden emoticon di Yahoo, jadi ya saya kagetin aja pake emoticon-emoticon yang enggak ada di emoticon standar. Lebih lanjut tentang hidden emoticon bisa dilihat di artikel hidden emoticon di YM.

Online via HP kalau lagi diluar

Biasanya sih sewaktu beli tiket di bioskop trus nunggu filmnya main, saya isi waktu dengan online di YM via HP, lebih tepatnya via HP di doi Big Grin.

Bagaimana dengan teman-teman? Gimana kebiasaannya chatting di YM?

10 Comments

  1. He he… kalo YM an paling seneng kalo bisa nampilin judul-judul lagu yang lagi kita puter di Winamp. Cuman, setiap kali pindah ke lagu yang lain, jadi kuatir selalu nge-prompt ke teman-teman yang lain, karena status kita berubah atau auto update setiap kali ganti lagu, dan itu mungkin cukup mengganggu.

    Ya kalo sibuk, jadinya terpaksa harus online pake status invisible ato busy 😛 ~ walaupun teman2 juga masih aja nyapa untuk ngobrol… but that’s allrite too 🙂

    Artikelnya bagus, karena kita kadang gak kepikiran untuk ngeset dan mengcostumize aplikasi YM punya kita for the better use ~ Great job Per! 🙂

    YM me: audeemirza ato graphic.identity

  2. nggak tau kenapa, saya dah lama ngga YM .. sibuk ngeblog hehehe

  3. ye em ga bisa dilepaskan dari kehidupan sehari – hariku.. mending ga makan deh drpada ga ym-an.. hehehe..

    hidden emoticon ada yak ? wah baru tau neh..

  4. YM tu kadang bahaya loh, seharian bisa ga ngapa2 kalo pas obrolannya asik :mrgreen:

  5. Emang hebatlah YM,, lengkap dech semuanya…

  6. yuk ngobrol 😀
    tp saya tidak penggemar YM, nggak tau mengapa 🙂

  7. mas, kayaknya IM itu bukan Internet Messenger deh
    tapi Instant Messenger, hehe, maaf, cuma mau ralat aja
    tapi ini postingan yg menarik kok..
    tapi sayang saya lagi ngefans sama GTalk, hehe..
    salam kenal mas.. 😀

    Ini juga saya bingung, ada yang mendefinisikan Internet Messenger, Instant Messenging, Instant Messenger, atau Internet Messanging. Karena mengarah ke tools jadi pakai kata Internet Messenger :D. GTalk? hehe, saya juga pakai tapi jarang ..

  8. hohoho..berarti saya termasuk yang lugu ber-YM-an-nya ya..

  9. YM the best lah hahahahahaha

  10. YM tu tiap ari qu pasti membukanya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑