Permana Jayanta

Web Developer

Perbandingan IDE untuk PHP

Udah lama enggak posting ya, habis bingung mau posting apa. Lagian saya sudah enggak terkoneksi pakai speedy unlimited lagi, jadi ngenetnya engga bisa sepuasnya deh. Iseng-iseng browsing di feed saya nemu sebuah postingan yang unik dari smashingmagazine, yaitu tentang perbandingan IDE untuk PHP.

Hmm, kenapa baru nemu sekarang ya. Disaat pilihan saya sudah jatuh ke Netbeans PHP. Tapi tulisan ini sedikit banyak akan membantu para PHP mania yang kebingungan mau pakai IDE apa. Tabel lengkap perbandingan bisa dilihat di google spreadsheet.

Dreamweaver ?

Pasti sudah banyak yang tahu Dreamweaver kan? Dan pasti banyak juga teman-teman yang mengkoding PHP menggunakan Dreamweaver. Dreamweaver memang oke banget untuk segala hal yang berhubungan dengan web.

Tapi kalau untuk mengkoding PHP rasanya kurang tepat menggunakan Dreamweaver, walaupun tetap bisa. Fitur yang paling tidak ada di Dreamweaver adalah auto completion untuk PHP. Tapi kalau untuk urusan design halaman web, Dreamweaver memang sangat bagus.

DI majalah web juga saya pernah nulis aplikasi-aplikasi apa aja yang bisa dipakai untuk pembuatan web. Btw, kalau kalian pernah bikin baik itu murni HTML CSS Javascript ataupun dengan PHP (dan Server-side code lainnya), biasanya pakai tools apa ?

7 Comments

  1. hiks, gw masih pake notepad++ !
    ada ide php yang compatible dengan framework gak?

    Kalau Framework saya pakai Code Igniter, Netbeans bisa nyambung kok sama Code Igniter .. banyak tutorialnya di Internet.

  2. saya belum mengerti masalah seperti ini…ajarin yaaaa…..

    selama masih ngerti pasti diajarin kok .. 🙂

  3. Saya nggak mudeng juga. Edit css pakai edit themes wordpress localhost

  4. kalo saya pake bluefish aja, maklum baru belajar php hehehe

  5. saya baru saja nyoba netbeans 6.5 utk php, keren juga.. ada autocomplete, debug, dll, fasilitasnya mirip zend studio, tapi free 😀 wow..
    tapi saya cari2 tidak ada fasilitas wordwrap nya? sama kayak eclipse dong 🙁

  6. Belum faham yang begituan …boooss

  7. wew tapi dreamweaver bayar sob, klo mau pake yang free ada namanya side atau tsWebEditor, semuanya free tapi fiturnya ga sebagus dreamweaver, tapi food lah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑