Permana Jayanta

Web Developer

Sumber keuntungan pembuat wordpress

Seseorang menanyakan kepada matt di acara Wordcamp India tetnang bagaimana Automattic mendapatkan keuntungan jika memberikan semua produknya secara gratis? Dan herannya, ternyata Automattic dengan WordPressnya masih bisa menghasilkan keuntungan. FYI, Automattic adalah perusahaan dibalik pembuatan aplikasi blogging WordPress.

Bukan, saya tidak menghadiri acara Wordcamp India Big Grin, tapi iseng-iseng blogwalking ada blog India yaitu Digital Inspiration yang ngepost sumber-sumber pendapatan Automattic yang identik dengan aplikasi WordPress.

Blog hosting. WordPress menawarkan jasa hosting blog. Bisa dicek di bagian WordPress VIP hosting. Tapi WordPress VIP hosting ini tidak menerima semua orang yang mendaftar.

Google Adsense. Blog gratisan yang dibuat di WordPress.com secara acak akan menampilkan iklan Google Adsense. Eh? memang ada iklannya? Kalian gak pernah nemu ya? Ini bukan karena tips browsing nyaman tanpa iklan, tapi Bisa jadi karena WordPress hanya akan menampilkan iklan Google Adsense jika memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Pengunjung tidak menggunakan browser Firefox. Dengan kata lain, Iklan Adsense baru muncul kalau kalian pakai browser selain Firefox.
  2. Pengunjung telah Logout dari account wordpressnya. Dengan kata lain jika tidak login di wordpress.com baru iklan akan ditampilkan.
  3. Sumber referrer bukan dari blog wordpress. Dengan kata lain, jka kalian membuka blog mypermana.wordpress.com dari blog xyz.wordpress.com, kalian tidak akan melihat iklan. Tapi kalau membuka mypermana.wordpress.com dari mypermana.blogspot.com, barulah iklan akan ditampilkan.

Automattic Kismet. Yang lebih populer dengan istilah Akismet memang gratis untuk kalangan personal. Tapi jika blog tersebut adalah blog corporate atau kalian membentuk jaringan blog , maka diperlukan commerical license dengan harga $50 per bulan.

Premium account. Membuat blog di WordPress.com memang gratis, premium account ini ditunjukkan bagi yang ingin membeli storage lebih, atau yang ingin menggunakan nama domain sendiri.

Web host referral. Jika kalian membuka menu hosting, maka akan ada daftar-daftar hosting yang disarankan oleh WordPress. Automattic dapat keuntungan kalau ada yang daftar via link tersebut.

WordPress support. Kalau kalian perlu bantuan tentang wordpress (atau WordPress MU) tapi diskusi di forum-forum tidak juga menyelesaikan masalah, Daftar saja di Support Network-nya Automattic. Tapi sepertinya support network ini untuk kalangan enterprise karena harga yang ditawarkan adalah 2500-5000 USD per tahunnya.

Poll Daddy. Kalian menggunakan Poll daddy untuk membuat polling? Poll daddy ada versi berbayarnya jika ingin ada embeel-embel Poll daddy.

Kira-kira itulah sumber keuntungan si Automattic. Di kalangan open source ada istilah : By giving it free, you will get more. Dengan memberikan sesuatu secara gratis, kamu akan mendapatkan lebih. Mungkin prinsip ini yang dipegang oleh si Automattic sampai akhirnya bisa mendapatkan keuntungan dengan WordPressnya. Kebayang nggak kalau misalnya pakai wordpress harus beli lisensinya, pasti pengguna wordpress tidak akan sebanyak ini.

30 Comments

  1. Uuuupppss… pertamaxxx…

    Iya juga ya… kalo dipikir-pikir bener juga WP dapat uang dari mana untuk ‘Mbiayai semua aktifitasnya kalo tidak dari bisnis real dan maya…. Salut buat WP.

  2. ooo gtu ya???saya baru tw ne πŸ˜€

  3. seru juga tuh.. buat kaya gitu!!! coca auracms buat layanan blog yangbisa kalahin wordpress!!!
    btw,, mas link nya dah ku pasang!!!
    http://www.fachrulhilate.com

  4. iya aku juga sempet mikir, yg punya wordpress dapat uang dari mana ya. ternyata jawabannya ada disini. makasih infonya

  5. waw! saya baru tahu kalo wordpress pasang adsense πŸ™‚

  6. iya nih saya pikir cuma dari akun premiumnya doang ternyata ada adsensenya juga ya?

  7. wah, hebad deh strateginya si matt….

  8. Ooo… gitu ya… baru tau aku

  9. istilah kalangan open source itu ada benarnya juga ya

  10. kalo dipikir-pikir bener juga yah kalau tu WP dapat uang dari mana untuk β€˜Mbiayai semua aktifitasnya kalo tidak dari bisnis real dan maya

  11. ehmm… ternyata memang strategi pemsaran berbeda-beda πŸ™‚

  12. Mudah mudahan WP tetap gratis. πŸ™‚

  13. menurutku pun demikian. programmer juga butuh makan. hehehe..

  14. Tambahin juga dapet dana dari sumbangan lewat paypal… Pasti banyak tuh yang nyumbang. Meski dikit-dikit, lama-lama jadi bukit juga kan? πŸ˜‰

  15. Kira-kira brapa yach penghasilannya per bulan ?

  16. jadi begitu ya
    saya kurang memperhatikannya

  17. terima kasih atas infonya πŸ™‚

  18. plis deh.. emang gak ada yang gratis kali di dunia ini, paling kentut hehehe

  19. kata banyak blogger, Wp memang MANTAP
    thanks ya boss

  20. kemaren ada yang nanya ama saya…bingung juga jawabnya…ternyata ini toh jawabannya… πŸ˜€

  21. Ini yang telah lama jadi pertanyaan saya.Tanks mas.

  22. wah ternyata sumber uang wordpress banyak juga ya… tapi kalo blogger.com dapet untungnya dari mana????

  23. wah benar2 bermanfaat artikel ini, baru tau saya…setelah bertahun2 memakain wordpress dan meraih keuntungan dari situ, oo gt ternyata mereka….siip, semangadh πŸ˜€

  24. Ooo, gitu yah.Kalau untuk blogger.com keuntungannya dari mana ?ΒΏ?

  25. bagaimanacaranya agar kita dapat uang dari wordpress

  26. Sepertinya perlu belajar nih. Banyak memberi untuk mendapatkan yang lebih. Tidak jauh-jauh juga sama google. Itulah bisnis, kenyamanan pengguna sangatlah penting.

  27. Hi August love the new site big improvement! I moved my own penosral site to WordPress a few months ago though the company has a long term investment in content management on Drupal, which frankly has no equal for open source team blogging (including WP, even+BuddyList) but the skins and themes are sure a lot prettier and easier to work with in WordPress. All the best see you at the SCIP chapter meeting Wednesday night in DC er, Alexandria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑