Permana Jayanta

Web Developer

Selamat Hari Raya Nyepi

Selamat hari raya nyepi tahun saka 1931 untuk umat Hindu di seluruh Indonesia dan dunia. Tidak lupa saya ucapkan selamat melakukan tapa brata penyepian. Tapi sayang sekali, saya tidak bisa merayakan Nyepi di Bali karena tugas akhir enggak selesai-selesai. Tapi walaupun begitu, 1 minggu kemarin sebenarya saya ada di Bali untuk melakukan persembahyangan dalam rangka hari raya Galungan.

Iya, sebenarnya dari tanggal 17 maret kemarin saya berada di Bali untuk melakukan persembahyangan hari raya Galungan. Makanya minggu kemarin tidak ada posting sama sekali, soalnya mencari warnet yang cepat di Bali itu susah. Ada sih yang kecepatannya lumayan tapi harganya 5000 rupiah per jam Big Grin. Padahal kalau di Surabaya 3500 aja udah cepat dan nyaman.

Sedikit tentang nyepi …

Nyepi itu adalah tahun barunya orang Hindu. Dirayakan dengan berbagai rangkaian upacara, dan yang paling saya ingat adalah tapa brata penyepian dimana ada 4 hal yang harus dilakukan:

  1. Amati geni: Tidak boleh menyalakan api atau cahaya
  2. Amati karya: Tidak boleh bekerja
  3. Amati lelunganan: Tidak boleh bepergian
  4. Amati lelanguan:Tidak bersenang-senang

Tapi jujur saja tidak semuanya bisa saya lakukan. Tapi yang paling asyik kalau nyepi di Bali adalah … di saat Nyepi .. suasana di Bali sangatlah sepi ..

Kalian bisa menikmati o2 murni tanpa melamin Big Grin, mendengarkan suara kicau burung, mendengar suara jangkrik di sore hari … dan banyak lagi lainnya …

Andai 1 hari saja seluruh dunia bisa Nyepi

4 Comments

  1. Pertamax 🙂

    Selamat hari raya nyepi ya mas. Oya, kalo saya tangkap, esensi nyepi itu adalah untuk mengheningkan diri ya kayaknya. Bener nggak mas?

    salah satunya, supaya pada esok harinya kita bisa terlahir dengan suci kembali layaknya bayi yang baru lahir …

  2. Selamat hari raya nyepi juga… sore tadi website temen down… saya sms gak dibales.. dan dia memang sedang nyepi.. jadi meraas bersalah aku hehehe…

    Btw salam kenal dan kami mengundang anda untuk bergabung di kafeblogger.com – tempat ngumpul para blogger

  3. Salam kenal mas Permana,Saya cuma mo ngucapin selamat Hari Raya Nyepi 1931 saka untuk sodara2ku seindonesia,semoga kita menjadi pribadi ya lebih BAIK.
    ‘BAIK’ hanya 4 huruf tp pelaksanaanya bisa seumur hidup.
    Dan saya ucapkan duka cita yang sedalam2nya kepada sodara2ku yg terkena musibah di Situ Gintung,semoga korban yg meninggal diterima disisi Tuhan.Dan untuk korban yg selamat,semoga diberi kekuatan,ketabahan dan kesabaran.

    • Wah, saya suka sama kata-katanya mas nanto

      ‘BAIK’ hanya 4 huruf tp pelaksanaanya bisa seumur hidup

      saya juga turut mengucapkan duka yang sedalam-dalamnya atas musibah situ gintung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑