Permana Jayanta

Web Developer

Kesalahan pengguna sepeda motor

Menggunakan sepeda motor lebih ribet daripada menggunakan mobil. Harus pakai helm, harus pakai jaket biar gak masuk angin, dan lain sebagainya. Ini karena menggunakan sepeda motor lebih rawan daripada pakai mobil.

Saya berkendara menggunakan sepeda motor karena lebih praktis kalau terjebak kemacetan, sering sekali saya perhatikan pengendara motor yang lain dan melihat ada saja kesalahan yang dilakukan pengendara tersebut, berikut ini daftar-daftarnya.

Tidak memakai helm

Kalau cuma ke warung sebelah sih gak apa-apa kalau gak pakai helm, tapi kalau sudah ke jalan yang agak rame dikit, pakai saja deh tuh helm. Selain alasan keamanan, kadang ada polisi iseng nongkrong di jalan-jalan yang gak penting untuk diawasi sekedar dapet nilang. Gak mau kan duit kalian dipakai “nyumbang” polisi yang seperti itu ? jadi pake aja deh helmnya.

Tidak memakai penutup wajah

Mungkin kalau untuk dikota-kota yang polusinya sedikit sih gak apa-apa, tapi untuk kota seperti Surabaya yang notabene polusi peringkat 2 (setelah Jakarta), rasa-rasanya penutup wajah dirasa sudah sangat perlu supaya asap kendaraan tidak banyak yang masuk ke paru-paru. Bahkan kalau perlu pake penutup yang ada saringannya (sambil bawa cat semprot jadi deh kayak orang mau vandal).

Sarung tangan/Kaos kaki

Ini biasanya buat yang perempuan, kalau gak mau warna kulitnya jadi belang seperti zebra (walaupun kata iklan belang itu lebih keren) lebih baik pakai deh yang namanya sarung tangan, atau kalau perlu pakai kaos kaki. Saya sendiri pake sarung tangan kalau keluar siang hari, tapi kalau kaos kaki enggak.

Kaca spion gak lengkap

Buat yang pake motor, saya jamin hampir 100% kaca spion motornya cuma sebelah. Entah itu cuma di kanan atau cuma di kiri. Entah itu karena kaca spionnya dicuri atau sengaja dilepas. Efeknya baru kerasa kalau mau pindah jalur dari kanan ke kiri (atau sebaliknya), pasti kepalanya nengok ke belakang, atau kalau gak nengok ke belakang, pasti pindah jalurnya pelan-pelan kayak orang baru bisa naek motor (saya ketemu yang begini langsung tak bel keras-keras). Harusnya kaca spion dipasang dua-duanya, biar leher gak capek nengok ke belakang kalau mau belok atau pindah jalur.

Knalpot keluar asap

Angkat tangan yang bilang knalpot motor keluar asap itu keren! Sumpah enggak banget. Apalagi asapnya kayak mesin penyemprot demam berdarah, duh, motor busuk (begitu saya mengistilahkan). Kalau pengendaranya seperti orang yang kurang mampu, saya enggak ambil pusing mungkin orang tersebut makan saja sudah sulit apalagi ngerawat motornya, tapi buat orang yang ugal-ugalan langsung saja saya teriak deket orang tersebut “Ueegh, asap motornya”.

Bunyi suara motor

Entah kenapa ada saja motor yang suaranya aneh-aneh. Mungkin dikira keren. Belakangan ini saya sering denger suara motor matic yang aneh-aneh. Iseng-iseng tanya orang trus dijawab “oh, itu suara motor sengaja dibaut seperti itu supaya berirama. Keren kan?” Saya jawab aja “Oh iya keren” sembari dalam hati melanjutkan “kayak suara mesin ancur”. Suara motor lebih baik dibiarkan seperti aslinya saja, gak usah diapa-apain.

Motor pake ban sepeda ontel

Sumpah yang ini ngakak habis saya ngeliatnya. Sepertinya sih sudah hilang trennya, tapi dulu saya pernah lihat ada motor pake ban yang kecil/tipis seperti ban sepeda ontel. Di beberapa motor memang cocok, tapi ada motor bebek biasa dikasiin ban kecil seperti itu langsung ketawa saya ngeliatnya, bukan keren tapi jadi bahan lawakan sampe rumah.

Rasanya sekian dulu deh komentar seputar pengendara sepeda motor di jalanan. Sepertinya sih masih ada yang mau tak tulis tapi kenapatiba-tiba lupa ya. Eh btw, sudah lama juga saya tidak baut tulisan baru di blog ini, sampai-sampai pagerank jadi turun nih

33 Comments

  1. duh kalo ampe make ban sepeda, udh di gati berkali-kali tuh ….
    maklum porsi tubuh sudah sedikit extra .. 😀

  2. Sy jg paling sebel ama yg sengaja nyopot salah satu spionnya. Malah ada jg yg dua2nya dicopot, trus diganti pake spion super kecil yg cuman bs buat ngaca doank..

    Belum lg itu mas, yg ganti kaca lampu dg kaca yg gelap, trus lampunya warna suram.. Kan bahayain diri sndîri en orang laen tho..

    Weh, maaf mas jadî esmosî, hehe…

    Salam kenal

    • hehe, sabar bro. Oh tnyata ada yang begitu juga ya, belum pernah lihat sih kyknya bakalan ngelihat deh

  3. Yang lebih parah lagi mas, sudah pakai helm tapi tali pengikatnya tidak direkatkan. Yang terjadi adalah helmnya mental kemana dan membahayakan pengendara motor yang ada dibelakangnya.

    • saya belum pernah ngeliat helm orang mental gara-gara nggak direkatin, tapi saya setuju dengan yang ini

  4. wah kalo saya sih sering ngeliat helm terbang gara2 gak ada talinya 🙂

  5. klo saya lebih sering cuek aja, pke helm ato ngggak, resiko tanggung sendiri. yang membuat saya mangkel, klo sudah pake knalpot protolan, suaranya bising, mengganggu orang lain aja.

  6. kesalahan lain : pake motor curian

  7. Tukang NggameWah ada2 ajah pemikiran orang skrg ya…

    Tukang Nggame

  8. satu lagi mas tidak memakai jakey perlu tuh sebnarnya jaket………….untk kesealamatan ketika kecelakaan bisa mengurangi resiko luka………

    Salam nal mas………

  9. Aku merasa bersalah kalo ga pake Sarung tangan atau Kaos kaki :p Juga penutup wajah he he he…

  10. Kemarin baru saja dapet info tentang adik kelas yg kecelakaan di jalan raya. Hmm… ngga ada yg tahu tentang apa yang akan terjadi. Yang penting waspada dan berdoa…

  11. paling keren yang terakhir,, pake ban sepeda ontel..hi.hi
    susah bocor kali

  12. ino siip…hayoo di patuhi ya..kalo gak ku tilang…he…

  13. saya paling sebel kalo ada motor yang lampu rem belakangnya diganti jadi putih .. menyilaukan .. membahayakan

  14. setuju banget… saya paling benci liat orang naik spd motor tolah-toleh…udah gitu jalannya ditengah lagi…
    makanya pake spion!

  15. wah saya jarang pake helm

  16. Benar semua tuh apa yang ditulis oleh postingan diatas..Saya paling sebel sama pengendara motor yang zigzag nggak pakai etika..(Sering bikin kaget)..Emangnya lagi ikut Motorcross (Valentino rossi kali..hehehe)

  17. saya BT kesel sebel dkk kalau ada motor belok ga make sen ato ga ngasi tanda sama sekali, tiba2 aja wuiiiissshhh….ditabrak baru tau rasa tuh!! 😀

  18. teori bapak polisi yang baik nih…kayaknya……cita-cita jadi polisi dulu ya pak….

  19. aku dah pake helem,nggak melanggar pernah juga kenak tilang….cari duit tuh pak polisinya…

  20. masih banyak kejanggalan dalam menegakkan hukum di negeri kita ini

  21. oalah…memang banyak banget nih yang beginian di Indonesia, malah ada sengaja ga make helm biar rambutnya ga berantakan, kalau udah masuk kawasan kota baru deh dipake helm’a biar ga ketilang…ckckck…

  22. nambahin :
    suka bawa barang berlebihan.. ngalahin mobil box

    suka ditumpangi lebih dari 2 orang…

    suka nyerobot lampu merah..

    he he he.. nyindir diri sendiri mode on..

  23. satu lagi mas..
    pake lajur kanan, itu salah juga kan..?? 🙂

  24. Kita memang wajib memperhatikan keselamatan bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Sebenarnya pengendara sepeda motor yang tidak mentaati peraturan, bukan hanya membahayakan keselamatan dirinya sendiri tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

  25. Hehe, macam-macam aja ya..
    Sepeda motor kok pake ban sepeda ontel..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑