Permana Jayanta

Web Developer

4 alasan google menghiraukan anchor text pada link

Teks yang digunakan dalam link yang mengarah ke blog Anda memiliki pengaruh besar terhadap posisi blog Anda dalam hasil pencarian Google.

Contohnya saja, kalau banyak orang menggunakan teks “tukang bakso” untuk melink ke blog saya ini, maka kemungkinan besar blog saya ini akan mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci “tukang bakso” di hasil pencarian Google.

Teks link (juga disebut anchor text) adalah teks yang digunakan dalam sebuah link. Contoh:

<a href="https://www.permanaj.net">tukang bakso</a>

Sayangnya, tidak semua anchor teks akan digunakan oleh Google. Beberapa anchor text akan dihiraukan oleh Google. Kenapa? berikut alasannya

1. Atribut Nofollow

Rasanya sudah banyak yang tahu kalau link dengan atribut rel=”nofollow” tidak akan mengalirkan pagerank ataupun diindex oleh Google. Link dengan artibut nofollow ibarat pintu yang terkunci yang tidak bisa dibuka oleh Google. Contohnya

<a href=”https://www.permanaj.net” rel=”nofollow”>permana</a>

Ada banyak cara untuk mengatahui apakah sebuah link nofollow atau tidak nofollow (biasa disebut dofollow). Salah satunya dengan klik kanan –> view source dan melihat apakah link tersebut berisi atribut rel=”nofollow”, atau kalau mau mudah bisa menggunakan addons firefox (kalau browser Anda firefox). Salah satu yang saya pakai adalah SeoQuake.

2. Karakter tidak valid di dalam URL

Jika sebuah URL berisi karakter tambahan yang tidak valid maka kemungkinan besar mesin pencari tidak akan dapat mengindeks link dengan benar. Contoh:

<a href=”https://www.permanaj.net ”>permana</a>

Dalam contoh ini, ada spasi di akhir URL. Beberapa webmaster mengatakan bahwa link teks tidak ditelusuri lagi oleh ke Google jika link berisi karakter spasi.

Beberapa browser bisa memperbaiki kesalahan seperti ini dan tetap dapat menampilkan halaman web dengan benar, tapi robot-robot mesin pencari tetap mengalami kesulitan dengan link yang sepert ini

3. 301 redirect pada link

Matt Cutts baru-baru ini menyatakan bahwa Google tidak akan mempertimbangkan semua anchor teks yang mengarah pada halaman yang melakukan redirect 301.

Misalnya seperti ini. Ada link <a href=”https://www.permanaj.net/info/hostgator”>Hostgator</a>. Saat link tersebut di-klik, webserver akan menredirect pengunjung ke http://www.hostgator.com. Nah, anchor teks “Hostgator” tersebut akan dihiraukan oleh Google.

4. Yang diterima Google adalah anchor teks pada link pertama

Kalau ada 2 link pada 1 halaman yang mengarah pada halaman yang sama, maka anchor teks link pertama yang akan digunakan oleh Google. Contoh:

<a href=”https://www.permanaj.net”>tukang bakso</a> tidak sama dengan <a href=”https://www.permanaj.net”>web developer</a>

Dari 2 link diatas, Google akan mengenali https://www.permanaj.net sebagai tukang bakso daripada web developer.

Link adalah salahsatu faktor paling penting yang menentukan apakah sebuah website masuk top 10 ranking Google, dan beberapa mesin pencari lainnya.

Kira-kira sekian dulu tulisan dari saya. Tumben nulis lagi tentang SEO setelah sekian lama tidak ngeblog. Apakah keempat hal diatas memang benar atau sekedar mitos saja? Saya tunggu komentar-komentar bermutunya.

13 Comments

  1. Ok mas.
    Emang banyak yang tau kalau link folow di menghasilkan apa2
    Salam knal ya

  2. Point yang ke 4 terus tersang baru saya tahu setelah membaca tulisan ini. Terimakasih atas informasinya. Sangat bermanfaat sekali untuk peningkatan kualitas blog saya di mata google.

  3. terima kasih sangat bermanfaat untuk belajar !

  4. Info yang sangat bagus , Terimakasih dan salam kenal

    • makasih gan atas info nya…! mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua yang membaca nya…! amin…! nice post gan..!

  5. untuk nomor 2 dan 4 aku baru tahu, makasih infonya

  6. makasih gan buat infonya ..
    bermanfaat sekali buat saya ..

  7. wah mastah bagi ilmu lagi……makasi ilmunya….. tp setelah baca2 ….baru sadar kalau “Google akan mengenali permanaj[dot]net sebagai tukang bakso”

    kutipan yang menarik 😛

  8. Wah mantap sob infonya, bermanfaat sekali buat ane sebagai blogger pemula. Salam sukses selalu sob 🙂

  9. Memang hebat ya orang yang menciptakan Googlebot sehingga bisa membedakan mana anchor text yang pantas di index dan mana yang harus dia abaikan.

  10. Apa itu artinya blogwalking tidak diperlukan, karena kebanyakan dari mereka memakai aliran nofollow….

  11. Nambah pengetahuan gan, tank’s ya
    n salam kenal..
    Mksh sobat…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

 

© 2017 Permana Jayanta

Theme by Anders NorenUp ↑